Apa Itu Persepsi Kedalaman, dan Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memilikinya?

Pernahkah Anda melihat film Gravity ? Apakah Anda melihatnya dalam 3-D?

Jika demikian, Anda mungkin mengagumi efek teknologi yang luar biasa saat melihat Sandra Bullock dan George Clooney jatuh melalui penggambaran yang sangat realistis tentang kedalaman angkasa luar.

Tapi Anda mungkin tidak pernah merasa kagum pada efek teknologi yang bahkan lebih lindungi mata dari radiasi menakjubkan dari melihat segala sesuatu di dunia dalam 3-D – dicapai hanya dengan memiliki dua mata, serta otak yang memadukan gambar yang dilihat mata Anda.

Sederhananya, ini adalah persepsi kedalaman, yang berarti kemampuan untuk melihat sesuatu dalam tiga dimensi – panjang, lebar, dan kedalaman – dan untuk memahami seberapa dekat atau jauh orang dan objek.

Salah satu cara manusia memahami kedalaman adalah dengan memiliki mata yang sedikit terpisah. Hal ini bertentangan dengan hewan tertentu yang cenderung menjadi mangsa, dan telah berevolusi sehingga mata mereka berada di kedua sisi kepala untuk memungkinkan mereka melihat predator. (Hewan pemangsa, di sisi lain, atau cakar, biasanya memiliki mata yang diposisikan berdekatan, seperti manusia, untuk memungkinkan mereka melihat, mengejar, dan menukik ke mangsa.)

Seperti kacamata 3-D kikuk yang Anda kenakan saat menonton Gravity , mata manusia yang berjarak agak jauh melihat dua gambar yang sedikit berbeda, berdasarkan posisi masing-masing mata di wajah Anda. Kedua gambar yang sedikit berbeda ini disebut isyarat visual teropong. Disebut teropong karena gambarnya dilihat oleh dua mata.

Inilah cara yang menyenangkan untuk menguji penglihatan teropong Anda. Pegang ponsel Anda sejauh lengan di depan wajah Anda.

Sekarang angkat satu jari sekitar enam inci dari wajah Anda, di depan ponsel. Jika Anda memfokuskan mata Anda pada ponsel, Anda akan melihat dua gambar jari Anda yang agak transparan, di kedua sisi ponsel.

Sekarang fokuskan mata Anda pada jari Anda. Anda akan melihat dua gambar ponsel yang agak transparan, di kedua sisi jari Anda. Itulah persepsi kedalaman.

Berikut cara lain untuk menguji persepsi kedalaman Anda, dan untuk melihat apakah salah satu mata Anda dominan.

Pegang jari Anda di depan ponsel, seperti sebelumnya. Fokus pada ponsel dan tutup mata kiri Anda. Jari Anda akan muncul di sebelah kiri ponsel. Sekarang buka mata kiri Anda dan tutup mata kanan Anda. Jari Anda akan tampak seperti melompat ke kanan ponsel.

Sekali lagi, seperti pada tes sebelumnya, jika ini yang Anda lihat, Anda memiliki binocular – juga dikenal sebagai stereo – vision. Namun, Anda mungkin memiliki persepsi kedalaman yang salah jika mengalami salah satu dari hal-hal berikut:

– Anda dapat melihat jari Anda lebih baik di satu sisi daripada sisi lainnya.

– Tampilan jari Anda lebih besar dengan satu mata dibandingkan dengan mata lainnya.

– Gambar jari satu mata muncul tepat di atas ponsel, sedangkan yang lainnya berada jauh di kiri atau kanan.

– Anda hanya dapat melihat gambar satu jari.

Jika Anda mengalami salah satu dari hal-hal ini, ada baiknya Anda memeriksakan mata Anda ke dokter mata atau dokter mata.

Tetapi bagaimana jika Anda hanya memiliki satu mata? Apakah Anda masih memiliki persepsi kedalaman, meskipun Anda tidak memiliki penglihatan binokular (stereo)?

Iya! Berikut adalah cara untuk menguji satu mata Anda yang baik untuk persepsi kedalaman.

Katakanlah Anda melakukan ini di dalam ruangan. Anda akan membutuhkan benda diam dalam tiga jarak berbeda dari Anda: satu benda dekat dengan Anda, satu agak lebih jauh, dan satu lagi masih jauh dari yang satu itu.

Mari kita coba ini dengan tiga benda yang mungkin Anda temukan di dalam ruangan: kursi (dekat dengan Anda), lemari arsip (agak jauh), dan meja (lebih jauh).

Anda juga bisa melakukan ini di luar. Cobalah dengan, katakanlah, semak (dekat dengan Anda), pohon (sedikit lebih jauh), dan rumah (lebih jauh).

Tentunya Anda tidak harus menggunakan ketiga objek indoor dan outdoor ini, dalam ketiga posisi ini. Anda dapat menggunakannya pada posisi yang berbeda, atau Anda dapat menggunakan tiga objek lainnya, selama yang terjauh cukup besar sehingga Anda dapat melihatnya dengan baik.

Fokus pada objek dalam jarak menengah – tabel jika Anda berada di dalam, pohon jika Anda berada di luar, jika Anda menggunakan objek tersebut. Kemudian berjalanlah dari sisi ke sisi.

Saat Anda fokus pada objek kelas menengah, mungkin lemari arsip atau pohon, Anda akan melihat objek yang lebih dekat dengan Anda (kursi atau semak) bergerak ke arah yang berlawanan dari klinik mata jakarta tempat Anda berjalan. Anda juga akan melihat objek yang lebih jauh (meja atau rumah) tampak bergerak ke arah yang sama saat Anda bergerak.

Jika Anda dapat melihat ini dengan satu mata (jika Anda terlihat dengan kedua mata, Anda dapat menutup satu mata saat melakukan ini), Anda memiliki persepsi kedalaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *