Menguasai Metode Kerja Control Valve

Control valve merupakan valve( keran/ katup) otomatis yang bisa mengendalikan aliran dalam sembuah sistem pemipaan secara presisi.

Apa Guna Control Valve

Pada control valve umumnya dia berjenis globe valve, sebab valve tipe globe ini bisa mengendalikan serta mengotrol valve, dia pula bisa berperan buat throttling. Buat mengenali apa itu globe valve, aku hendak mangulas di postingan Perbandingan Ball Globe serta Gate Valve

Pada control valve, dia menggunkana sinyal yang di bisa dari instrument yang terpasang di sistem pemipaan setelah itu dia hendak di terjemahkan kedalam bukaan valve cocok kebutuhan dari jumlah alirannya. Dengan control valve, dia bisa melaksanakan bermacam guna yang umumnya buat mengendalikan jumlah aliran ataupun buat menghalangi tekanan di dalam suatu sistem pemipaan.

Satu Set Control Valve Terdiri dari

Berbeda dengan tipe valve yang lain, dimana buat valve hendak di pasang sendiri( tunggal, tidak membutuhkan sistem ataupun unit bonus). Di dalam control valve dia wajib di susun dengan komponen lain supaya dia maksimal dalam pengunaanya. Satu paket control valve( dapat di istilahkan dengan control valve set) umumnya terdiri dari valve( tidak cuma control valve tetapi terdapat tipe valve lainya), fitting serta pipa yang di tempatkan di fondation ataupun platform. Persoalan simpel, mengapa dia di taruh di fondation ataupun platform? sebab sesuatu dikala perlu di operasikan ataupun di maintenance, control valve ini gampang buat di bongkar serta di pasang kembali.

Konfigurasi Control valve Distributor Valve

Saat ini kita berdialog menimpa konfigurasi dari control valve. amati foto di atas, yang di tengah merupakan control valve yang umumnya berbentuk globe valve yang mengunakan penumatik ataupun hydrolic akuator buat mengendalikan jumlah flow rate secara otomatis. Pertanyaanya, apakah yang di iktikad dengan akuator?

Akuator merupakan sebutan yang di pakai buat perlengkapan yang mengganti dari aliran baik dari hidrolik ataupun penuamatik jadi suatu gerakan, yang dalam perihal ini gerakan sang valve. Prinsip akuator berkebalikan dengan pompa, jika pompa dia dari gerakan mekanik( gerakan motor) jadi suatu aliran fluida, sebaliknya akuator merubah dari aliran fluida jadi gerakan mekanik. Mengerti ya mengnai akuator, saat ini kita kembali ke control valve.

Block Valve

Semacam di sebutkan tadinya, yang tengah merupakan control valve, Sebaliknya di samping kanan serta kirinya merupakan block valve. Block vale ini digunakan buat memblokir( menutup) aliran manakana nantinya control vale di bongkar buat di maintenance. jika kamu memahami sebutan DBB, double block and bleed, lapisan semacam ini tercantum DBB secara sistem sebab kedua valve yang di kanan di kiri control valve berperan buat mem block aliran.

Bypass system and valve

Satu lagi bagian dari suatu sistem control valve, ialah bypass valve. Cocok namanya, sistem ini pakai buat membypass aliran sewaktu contol valve di maintenance( kala 2 block valve ditutup, hingga aliran dalam sistem melalu bypass ini). Di bypass valve, entah itu dari globe valve, plug valve ataupun ball valve dia berlokasi di samping dari control valve. By pass valve ini dalam keadaan wajar merupakan di tutup, ataupun normaly colse. Tetapi pada dikala di pakai, bypass valve hendak di buka secara manual.

Baca Juga : LUKISAN AKRILIK

Drain System

Salah satu komponen dari suatu control valve sistem yang terakhir merupakan drain. drain ini digunakan buat menghasilkan oil ataupun fluida yang terdapat di control valve saat sebelum di maintenace. Semacam di ceritakan sebelumya, kala hendak di maintenace hingga block valve hendak di tutup serta by pass valve hendak dibukan. Nah saat sebelum control valve ini benar benar di lepas, hingga drain ini di buka supaya sisa fluida ataupun oli yang terdapat di sekita control valve tidak berceceran jatuh, melainkan jatuh lewat drain. Menyambung dengan sebutan DBB tadinya, guna block nya dari block valve tadi, serta di drain inilah guna bleed, ialah menghasilkan sisa oli di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *